Tim pengusul  Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Kemenristekdikti-Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan program pelatihan kepada Perangkat Desa Ngalang pada Sabtu 27 Juli 2019 di balai Desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul. PPDM ini mendapatkan dana dari Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti) untuk memberdayakan masyarakat Desa Ngalang menuju Desa Wisata Sehat. Pelatihan ini merupakan Pelatihan leadership dan capacity building bagi perangkat Desa Ngalang yang terdiri dari pelatihan kerjasama dan team building, pelatihan motivasi, adaptation skill, dan ketrampilan komunikasi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk kekompakan dan kerjasama perangkat Desa Ngalang untuk membangun desa wisata sehat. Peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan bahagia dan antusias. Pelatihan ini diberikan dengan sangat menarik melalui berbagai metode permainan, lagu penyemangat dan video inspiratif. Pada sesi pertama Tri Wahyuni Sukesi, S.Si., MPH  memberikan pelatihan mengenai kerja sama dan team building  sebuah tim kerja, pelatihan ini diisi melalui permainan dengan merefleksikannya dan praktik langsung untuk membangun kerjasama tim.

Pemateri kedua  Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si memberikan motivasi untuk meningkatkan potensi diri  perangkat desa. Dalam sesi ini Fatwa menyampaikan “Setiap manusia yang lahir telah memiliki potensi, tidak ada manusia bodoh dan malas, kita hanya perlu mengidentifikasi dan mengembangkan potensi yang kita miliki”. Selain itu memberikan motivasi terhadap masyarakat melalui permainan dan memberikan refleksi untuk menumbuhkan motivasi dan kekuatan untuk pantang menyerah.

Pada sesi ketiga Sulistyawati, S.Si., MPH menyampaikan materi mengenai adaptation skill. Pemateri ketiga menyampaikan “adaptasi penting karena hidup ini dinamis” dimana materi ini diberikan agar tidak terjadi Shock culture  saat Desa Ngalang menjadi desa wisata. Pada sesi keempat disampaikan oleh Dr. Surahma Asti Mulasari, S.Si., M.Kes  mengenai ketrampilan komunikasi dalam sebuah tim, agar informasi tersampaikan dengan tepat. Penyampaian materi dengan permainan yang atraktif dan menarik dan juga memberikan refleksi terhadap hasil permainan tersebut.

Dr. Fatwa Tentama mengatakan, melalui program PPDM ini diharapkan Desa Ngalang menjadi lebih berkembang khususnya terkait dengan penguatan tata kelola, administrasi dan infrastruktur desa ngalang menuju desa wisata sehat.