Dosen Program Studi Magister Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Admad Dahlan (UAD) Dr. Yuzarion dan Dr. Nurul Hidayah bersama  Dr. Dini Yuniarti (Dosen Fakultas Ekonomi UAD) beserta Ketua Pusat Studi Child and Family Education Center (ChiFEC) Fuadah Fakhruddiana, S.Psi, M.Psi, Psikolog. ChiFEC merupakan pusat studi dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD. Melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Institusional tahun 2020. Pengabdian ini juga melibatkan dua mahasiswa; Selasih (NIM 1700013229)  Fakultas Psikologi dan Casminto (NIM 1600010125) Fakultas Ekonomi. Tema PPM Institusional tahun ini Peningkatan Ketahanan Ekonomi dan Psikologis Keluarga pada Orangtua/Wali TK ABA Nganggring Turi Sleman DI Yogyakarta. Tema ini direalisasikan berupa kegiatan pelatihan ketahanan ekonomi dan psikologis keluarga.

Kegiatan pelatihan ketahanan psikologis keluarga mengusung Pelatihan Kesadaran Efikasi Diri  dalam Pendampingan  Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Latar belakang masalah pelatihan bersumber dari masalah pendampingan belajar anak dari rumah saat pandemi memprihatinkan.  Hasil survey UNICEF Juli 2020 dari 4016 responden anak Indonesia 69% anak bosan belajar dari rumah. Begitu juga dengan survey yang dilakukan tim PPM-UAD TK Nganggring  76,92% sepuluh dari tiga belas responden merasa belum memiliki keyakinan diri bisa melakukan tugas-tugas pendampingan belajar anak. Hal ini juga diperkuat oleh keprihatinan bersama, masalah psikologi sosial kekurangan ruang untuk berinteraksi, tidak dapat bersosialiasi, anak-anak mudah stres, dan kesehatan mental terganggu selama pandemi covid-19 ini. Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai pakem KEMNDIKBUD selama pandemi covid-19 menyebabkan sebagian besar orangtua  merasa beban dan tanggung jawabnya bertambah. Sebab  Orangtua belum siap mendampinggi anak belajar dirumah, Orangtua bekerja pada waktu bersamaan disaat anak harus belajar, Terbatasnya sarana BDR (kasus smartphone 1 untuk bersama), Terbatasnya jaringan listrik dan akses internet/ tidak ada paket kuota belajar,  Anak bosan belajar dirumah: “orangtuaku lebih galak dari guruku”  Bahan belajar terlalu banyak di kasih guru, sehingga melelahkan, Orangtua tidak memiliki pengetahuan yang cukup di setiap mata pelajaran, Sumber pendapatan/ ekonomi keluarga terganggau akibat covid-19, Pengelolaan emosional keluarga terganggu, karena beban semakin berat.

Penyelesain masalah di atas tim PPM Institusional 2020 bersama ChiFEC mengadakan  Pelatihan Kesadaran Efikasi Diri  dalam Pendampingan  Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Pelatihan dilaksanakan Sabtu 5 Desember 2020. Bertembat di gedung TK ABA Nganggring Turi Sleman yang di hadiri oleh 31 orangtua/ wali peserta didik dan 6 orang guru dan 6 orang tim PPM Institusional UAD. Pelatihan dibuka secara resmi oleh kepela sekolah TK ABA Nganggring Turi Sleman Ibu Sri Nuryani, S.Pd. TK ABA Nganggring Turi Sleman merupakan sekolah binaan UAD sejak 2018 dibawah koordinasi Pusat Studi Child and Family Education Center (Chifec) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Kegiatan pelatihan Kesadaran Efikasi Diri  dalam Pendampingan  Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Dilaksanakan lima sesi kegiatan, pertama pengantar pelatihan, berfungsi untuk memberikan pemahaman tentang Kesadaran Efikasi Diri  dalam Pendampingan Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Sesi kedua, asah otak sederhana dengan topik penyelesian masalah pengembala terjebak hujan deras dan air sungai meluap, sesi ketiga bagian inti pelatihan kesadaran efikasi diri, bagian satu, mengenal diri dengan diri, bagian dua mengenal diri dengan Allah SWT, bagian tiga, mengenal diri dengan orang lain (dengan anak dan dengan pasangan), dan bagian keempat mengenal diri dengan lingkungan/ alam semesta. Bagian keempat menarik kesimpulan, peserta diminta membuat kesimpulan dan ikrar kesadaran efikasi diri mendampinggi belajar anak dari rumah saat covid-19. Kegiatan ini ditutup dengan Ikrar diri. Setelah pelatihan selesei, tim PPM menlakukan evaluasi sebagain besar peserta merasakan manfaat pelatihan ini dengan baik, peserta merasa terbantu dengan Kegiatan Pelatihan Kesadaran Efikasi Diri  dalam Pendampingan  Belajar Anak di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Sehingga keyakinan diri untuk mendampinggi belajar anak dirumah semakin baik, menjadikan anak senang belajar dari rumah saat pandemi covid-19 belum tahu kapan akan berakhir.*

Foto Kegiatan: