MEMBANGUN MIMPI,  MENUAI PRESTASI

Disusun oleh: 

Nizarwan Hadi, Hana TriwidyatI, Adi Saputra,

Bayu Satriyo W

Pascasarjana Psikologi Universitas Ahmad Dahlan mengadakan pelatihan “Membangun Mimpi, Menuai Prestasi” di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sebagai bentuk Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT). Yogyakarta – Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, Senin (20/07/2019). Mahasiswa Pascasarjana UAD berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai tim trainer, antara lain Nizarwan Hadi, Hana Triwidyati, Adi Saputra dan Bayu Satriyo Wicaksono. Rombongan Pascasarjana disambut oleh Kepala Sekolah dan salah seorang guru yang merupakan wali kelas 8 serta 20 orang siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sebagai peserta.

Susamta, S.Pd sebagai Kepala SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta mengatakan,Kami menyambut baik program pengabdian masyarakat dari UAD ini karena saya percaya dengan adanya bentuk kegiatan seperti ini dapat memberi manfaat kepada siswa-siswi kami. Harapan kami semoga anak-anak lebih termotivasi dalam proses belajar di sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada UAD yang telah memilih sekolah kami sebagai salah satu sasaran program pemberdayaan umat”.

Rangkaian kegiatan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) yaitu pelatihan “Membangun Mimpi, Menuai Prestasi” dengan tiga sesi diantaranya “Aku Bersyukur Atas Diriku”, “Mimpiku Motivatorku” dan “Tantanganku Sahabatku” yang dipandu oleh Bayu Satriyo Wicaksono beserta timnya. Kegiatan ini berisi permainan-permaian dan simulasi edukatif yang disimpulkan dengan pemaknaan oleh trainer. Selain itu, setiap peserta mendapat kuesioner untuk mengetahui kondisi dirinya berkaitan dengan aspek-aspek psikologis dan motivasi belajar yang ada di dalam diri mereka. Peserta langsung mendapatkan hasil pengukuran terkait kondisi dirinya dan motivasi belajarnya saat itu juga.

Materi pelatihan ini cukup menarik dan disampaikan dengan baik. Anak-anak menjadi lebih antusias dan mendapatkan insight sesuai dengan pemahaman mereka setelah diberikan permainan, simulasi dan tayangan-tayangan edukatif oleh trainer beserta timnya. Saya berharap mereka benar-benar memperoleh manfaatnya dan mampu mengimplementasikan berbagai tips yang telah diberikan oleh trainer di kehidupan mereka sehari-hari”, ujar Hidayah Sri Hastuti, S.Pd, salah seorang guru yang merupakan wali kelas 8 yang mendampingi acara pelatihan ini.

Acara pelatihan yang dimulai pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 14.30 ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dari UAD kepada sekolah yang diwakili oleh Hidayah Sri Hastuti, S.Pd. Setelah itu, peserta bersama tim trainer mengambil foto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan. “Aku senang bisa ikut acara ini soalnya ada permainan-permainan yang ada maknanya gitu dan ada dikasih liat film yang bikin aku jadi lebih semangat untuk belajar”, kata salah seorang peserta ketika dimintai testimoninya.

Senang rasanya kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar mengingat prosesnya yang cukup panjang dan banyak memakan waktu, namun semua itu terobati setelah melihat para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Harapannya semoga tidak hanya siswa yang mengikuti kegiatan yang dapat menerapkan motivasi dalam hidupnya, tapi kita semua termasuk kami para penyelenggara maupun guru-guru disini juga agar lebih mampu memotivasi diri maupun orang sekitar untuk terus optimis dalam menghadapi hari depan”,  jelas Nizarwan Hadi yang merupakan salah satu penyelenggara kegiatan ini.