Find Your Own Self To Get Better Future

 Disusun Oleh :

 Mahmud Junianto, Nur Marwah Ely, Siti Nur Indasah

 Mahasiswa Program Pascasarjana Psikologi Universitas Ahmad Dahlan melakukan pengabdiaan masyarakat dengan bentuk pelatihan konsep diri yang berjudul ‘’Find Your Own Self To Get Better Future ‘’. Pengabdian tersebut dilakukan di SMA 4 Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 27 -28 september 2019. Pengabdian ini dilakukan kepada siswa 15 siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

‘’Pengabdian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa SMA 4 Muhammadiyah Yogyakarta, mengetahui upaya yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah terkait masalah yang dihadapi, dan mengetahui dampak pelatiahan konsep diri terhadap pementasan masalah tersebut’’ tutur Nur sebagai fasilitator pengabdian tersebut.

Pelatihan ini dilakukan dalam lima sesi terdiri dari pembukaan yang didalamnya terdiri dari perkenalan dan penjelasan pelatihan, kemudian membuat kesepakatan dalam pelatihan pada sesi kedua berisi pelatihan yang didalamnya membuat modeling tokoh idola dan harapan dimasa depan dilanjutkan pengenalan terhadap diri sendiri (Self Awarness ) di akhir dengan pengisian skala MBTI, pada pelatihan ketiga yaitu perencanaan di isi dengan siswa membuat perencanaan jangka pendek, jangka Panjang, dan menengah untuk harapan untuk masa yang akan datang, pada sesi keempat yaitu evaluasi di isi dengan pembuatan program group discussion, pada sesi terakhir di isi membuat pohon harapan kemudian di akhiri dengan sesi foto bersama dengan peserta pengabidaan masyarakat.

Pengabdian tersebut mampu untuk membuat peserta lebih sadar akan tujuan, harapan, dan situasi yang mendukung dan tidak mendukung yang dihadapi dan mampu memperbaiki konsep diri yang negatif. Mahmud salah satu fasilitator dalam pelatihan tersebut mengatakan kepada peserta “menginjak usia dewasa ini kalian harus sudah mampu untuk mengidentifikasi diri”.