Membangun Identitas Diri Remaja Milenial

Riskawati, Rimayanti, Arifah, dan Nur Mawakhira

Mahasiswa Program Studi Magister Psikologi Sains melalui Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) pada Minggu,(19/04/19) melaksanakan kegiatan dengan tema “Membangun Identitas Diri Remaja Milenial”. Bertempat di asrama putri Panti Asuhan Yatim dan Dhu’afa Mafaza Kecamatan Umbulharjo berjalan dengan khidmat.   .

Kegiatan yang di prakarsai 5 mahasiswa Program Studi Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan diantaranya Baiq Yani (ketua), Riskawati, Rimayanti, Arifah, dan Nur Mawakhira ini melakukan kegiatan selama dua hari yang berkaitan dengan masa remaja dalam pembentukan identitas diri kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya nonton dan bedah film remaja dalam teori psikologi.

Kegiatan ini terlaksana selama dua hari. Pada 19 Mei 2019, di isi dengan dua kegiatan diantanya pemberian materi dengan tema “Adolescence : Who am I?” yang memaparkan beragam hal tentang masa remaja, kemudian dilanjutkan dengan pembentukan kelompok ruang Cerita untuk memperdalam pemahaman remaja tentang identitas mereka. Selanjutnya pada 20 Mei 2019, kegiatan dimulai dengan nonton bareng film terkait remaja dan beragam konteks sosialnya, serta dilanjutkan dengan bedah film berdasarkan beberapa perspektif dalam teori psikologi,” papar Baiq Yani selaku ketua Prodamat

Lanjut Yani, dirinya berharap setelah kegiatan ini para remaja putri di Panti Mafaza untuk semangat dan tetap optimis dalam membentuk identitas yang jelas sebagai remaja milenial yang positif.

Kami sangat berterima kasih juga pada para remaja putri karena dengan antusias mengikuti setiap sesi dari kegiatan ini, semoga bisa memberikan efek positif bagi proses pertumbuhan mereka di masa remaja ini,” harap Yani

Sementara itu pengasuh panti Mafaza Eko Budianto sangat bangga dan berterimah kasih kepada mahasiswa Magister Psikologi Sains karena telah memberikan pencerahan kepada remaja putri yang ada di panti Mafaza.

Saya sebagai pengasuh panti berterima kasih kepada mahasiswa Magister Psikologi Sains atas kegiatan yang dilaksanakan di Panti Mafaza ini, kegiatan ini menambah ilmu pengetahuan bagi remaja disini serta hal-hal positif yang ada bisa membuat adik-adik untuk semangat lagi,” tutup Eko.