The Excellent Student Training

Enasely Mega Wenyi Rohi, Budi Lenggono, Fifi Indrayani, Nicko Dharma

Pascasarjana Psikologi Universitas Ahmad Dahlan mengadakan The Excellent Student Training di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta sebagai bentuk program pemberdayaan umat. Yogyakarta-  Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, Selasa (23/07/2019). Mahasiswa Pascasarjana UAD berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai tim trainer, antara lain Enasely Mega Wenyi Rohi, Budi Lenggono, Fifi Indrayani, dan Nicko Dharma. Rombongan Pascasarjana disambut Kepala Sekolah, Guru BK, dan 25 orang siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta sebagai peserta.

Samta, S.Pd  sebagai Kepala Sekolah  SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta menyampaikan, “Kami menyambut baik program pengabdian masyarakat dari UAD ini. Saya yakin dengan adanya bentuk kegiatan berupa training ini dapat memberi manfaat kepada delegasi siswa-siswi kami. Harapan kami semoga anak-anak dapat menularkan ilmunya setelah training kepada teman-temannya. Dengan begitu dapat menjadi amal kebaikan buat semua pihak. Dan, kami bersyukur dan berterima kasih kepada UAD telah memilih sekolah kami sebagai salah satu sasaran program pemberdayaan umat”.

Rangkaian kegiatan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) yaitu pelatihan manajemen waktu dan motivasi berprestasi yang dipandu oleh Budi Lenggono beserta timnya. Kegiatan ini berisi game-game edukatif yang disimpulkan dengan pemaknaan oleh trainer. Selain itu, setiap peserta mendapat kuesioner untuk mengetahui kondisi dirinya berkaitan dengan aspek-aspek manajemen waktu dan motivasi berprestasi. Pada saat acara itu pula peserta langsung mendapatkan hasil pengukuran skala manajemen waktu dan motivasi berprestasi. “Materi pelatihan ini cukup menarik dan disampaikan dengan sangat baik. Permainan edukatif yang diikuti oleh peserta membuat anak-anak antusias dan mendapatkan insight sesuai dengan pemahaman mereka. Saya berharap anak-anak benar-benar mendapat manfaatnya dan mampu mengimplementasikan tips-tips yang diberikan oleh trainer di kehidupan mereka sehari-hari”, ujar Feri Dwi Pertiwi, S.Pd, guru Bimbingan dan Konseling yang mendampingi acara pelatihan ini.

Acara pelatihan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari UAD kepada sekolah yang diwakili oleh Feri Dwi Pertiwi, S.Pd. Setelah itu, peserta bersama tim trainer mengambil foto bersama sebagai kenang-kenangan. “Aku suka dan merasa enjoy mengikuti acara ini. Temen-temen juga suka, karena ada permainan-permainan yang ada maknanya gitu,” ujar salah seorang peserta ketika diminta testimoninya. Acara prodamat yang dimulai pukul 08.30 dan berakhir jam 15.00 memberi kesan dan inspirasi bagi para peserta. Setelah acara ditutup, para peserta pun bergabung mengikuti kegiatan salat Ashar berjamaah bersama seluruh warga sekolah.